Cara Mengelola Waktu secara Efektif (Belajar dari Sistem Komputer)

Pada musim panas 1997, pesawat antariksa NASA Pathfinder mendarat di Mars dan mulai mentransmisikan data ke Bumi. Ada yang salah. Transfer data telah terhenti.

Yang terjadi adalah sistem di kendaraan penjelajah itu menunda pelaksanaan sebagian tugas, sibuk dengan operasi lain, tetapi tidak melakukan yang tugas paling penting mereka.

Apa yang salah? Ternyata, ada sebuah kesalahan dalam mekanisme perencanaan. Setiap sistem operasi memiliki apa yang disebut penjadwal tugas, yang memberi tahu prosesor berapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan pada setiap tugas sebelum beralih ke tugas lain, serta tugas mana yang harus dilanjutkan. Jika semuanya berjalan sebagaimana mestinya, komputer dengan mudah mengalihkan tugas ke yang lain, yang memberi kesan bahwa mereka melakukannya pada saat yang sama. Tetapi kita tahu apa yang akan terjadi ketika terjadi kesalahan.

Ini dapat memberi kita pembelajaran. Bahwa ternyata komputer pun terkadang kewalahan. Mungkin belajar tentang ilmu komputer tentang penjadwalan dapat memberi kita beberapa gambaran tentang perjuangan manusia dengan pengaturan waktu.

Salah satu pembelajaran pertama adalah bahwa semua waktu yang Anda habiskan memprioritaskan pekerjaan Anda adalah waktu yang sebenarnya merupakan pemborosan. Sebagai contoh, katakanlah ketika Anda memeriksa email di kotak masuk Anda, Anda memindai semua pesan, memilih mana yang paling penting. Setelah Anda selesai menjawab satu email, Anda ulangi lagi proses itu. Tampaknya masuk akal, tetapi ada masalah di sini.


Keterangan: Video tidak memiliki subtitle Bahasa Indonesia resmi. Namun seluruh transkrip video telah diterjemahkan ke dalam artikel ini.

Inilah yang disebut algoritma waktu kuadratik. Jika jumlah email yang masuk dua kali lebih banyak, maka menjawabnya akan membutuhkan waktu dua kali lebih banyak juga, dan Anda perlu mengulangi prosedur itu dua kali lebih sering! Ini berarti bahwa pekerjaan itu akan membawa Anda empat kali lebih lama.

Pemrogram Linux mengalami masalah serupa pada tahun 2003. Linux memprioritaskan setiap tugas tergantung pada kepentingannya, dan terkadang butuh waktu lebih lama untuk memprioritaskan daripada menyelesaikan tugas. Programmer akhirnya membuat keputusan yang bertentangan dengan akal sehat: mereka mengganti peringkat dengan sejumlah wadah prioritas. Sistem itu tidak dituntut untuk tahu persis apa yang harus dilakukan selanjutnya, tetapi sebaliknya ia memiliki lebih banyak waktu untuk tugas-tugas selanjutnya.

Sama seperti dengan email, jika Anda menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu, Anda dapat dengan cepat kehabisan tenaga. Ini akan berakhir dengan tiga kali lebih banyak surat di kotak surat seperti biasa, dan akan butuh sembilan kali lebih lama untuk menyortir semua surat ini. Jauh lebih baik untuk menjawab dalam urutan kronologis dan bahkan acak! Ini luar biasa, tetapi jika Anda tiba-tiba berhenti melakukan tugas dalam urutan "yang benar", Anda pada akhirnya akan dapat mengatasinya dengan lebih cepat.

Teknik lain yang dapat dipelajari dari perencanaan komputer terkait dengan fenomena paling umum dari kehidupan modern yaitu gangguan. Ketika komputer melakukan satu tugas demi satu tugas, ia harus mematuhi apa yang disebut context switch, tandai dalam satu tugas, lalu hapus data lama dari memori dan masukkan data baru ke dalamnya. Masing-masing tindakan ini memiliki konsekuensi.

Pelajaran yang kita dapat di sini adalah bahwa ada perbedaan kepentingan mendasar antara produktivitas dan kecepatan respon. Melakukan pekerjaan serius berarti meminimalkan context switch tadi. Dimana bersikap responsif berarti bereaksi kapan saja sesuatu muncul. Kedua prinsip ini secara mendasar berada dalam arah yang berbeda. Mengenali perbedaan kepentingan ini memungkinkan kita untuk memutuskan di titik mana kita ingin mencapai keseimbangan itu.

Solusi yang paling jelas adalah meminimalkan gangguan. Yang kurang rasional adalah mengelompokkan mereka. Jika tidak ada pemberitahuan atau email yang harus dijawab dalam waktu, katakanlah, satu jam, maka Anda harus memeriksa email Anda tepat pada interval ini - tidak lebih sering.

Dalam ilmu komputer, konsep ini disebut dengan nama penggabungan interupsi. Daripada langsung berurusan dengan hal-hal yang muncul: Oh, mouse itu digerakkan? Sebuah tombol ditekan? Lebih banyak file yang harus diunduh? - maka sistem mengelompokkan interupsi ini bersama-sama berdasarkan berapa lama mereka mampu menunggu.

Pada 2013, ide penggabungan interupsi ini memicu peningkatan besar dalam usia baterai laptop. Ini karena penundaan gangguan memungkinkan sistem memeriksa semuanya sekaligus (tidak satu per satu ditanggapi ketika muncul), diantara waktu menanggapi itu komputer bisa masuk kembali ke kondisi low power.

Seperti halnya komputer, demikian juga dengan kita. Mungkin mengadopsi pendekatan serupa bisa memungkinkan kita manusia untuk mendapatkan kembali perhatian kita sendiri (tidak reaktif menanggapi semua masalah, tetapi mengumpulkannya berdasar prioritas). Cara ini dapat memberi kita kembali salah satu hal yang terasa sangat langka dalam kehidupan modern: istirahat.

Sumber: Brian Christian/TED-Ed.

Posting Komentar

0 Komentar