01 November 2016

Menentukan Tujuan Karir

Jika Anda tidak tahu ke mana Anda akan pergi, Anda mungkin akan berakhir di tempat lain - Lawrence J. Peter

Manajemen karir yang sukses mencakup pertimbangan hati-hati terhadap tujuan karir jangka pendek dan panjang. Luangkan waktu sejenak untuk memproyeksikan diri ke masa depan; bayangkan diri Anda satu, tiga dan/atau lima tahun setelah Anda lulus.



  • Apa jenis organisasi yang Anda lihat sesuai dengan diri Anda - besar, menengah, kecil, perusahaan, pemerintah, nirlaba?
  • Apa yang ingin Anda fokuskan di pekerjaan Anda nanti?
  • Apa tingkat tanggung jawab yang Anda ingin miliki dalam pekerjaan Anda?
  • Apa tingkat gaji, tunjangan atau kesempatan pengembangan profesional yang inginkan tersedia untuk Anda?
  • Dimana Anda ingin diri Anda bekerja?
  • Apa perkembangan peluang karir yang Anda ingin tersedia untuk Anda?
Tetapkan tujuan yang SMART

Tujuan yang terbaik adalah tujuan yang cerdas, berikut tips yang perlu Anda miliki dalam pikiran ketika merencanakan karir Anda:

Specific - Spesifik

Menetapkan tujuan yang spesifik dengan mendefinisikan siapa, apa, kapan, di mana dan mengapa. Misalnya "Dalam tahun pertama saya bekerja dan terlibat dengan mentor yang berada pada tingkat manajemen di Perbankan dan Keuangan untuk mendapatkan bimbingan bagi jalur karir saya berikutnya ke Akuntansi Manajemen."

Measurable - Terukur

Mampu mengukur kemajuan menuju tujuan Anda akan membantu Anda tetap fokus dan berada di jalur yang benar. Misalnya, "Bertemu dengan mentor saya sebulan sekali selama 12 bulan, dan pada akhir 12 bulan resume saya telah sesuai dengan peran Akuntansi Manajemen."

Attractive - Menarik

Bertanya pada diri sendiri seberapa besar Anda ingin mencapai tujuan ini. Jika tidak benar-benar menarik bagi Anda maka motivasi Anda untuk bekerja mengejarnya akan berkurang dengan cepat.

Realistic - Realistis

Tujuan Anda harus menantang dan realistis pada saat yang sama. Adalah penting bahwa Anda tidak menetapkan tujuan yang terlalu sulit dicapai sehingga kemungkinan gagalnya sangat besar, atau tujuan Anda terlalu mudah dicapai sehingga Anda menjadi tidak termotivasi.

Time bound - Terikat waktu

Menetapkan batas waktu untuk setiap tujuan Anda. Memiliki kerangka waktu yang terkait dengan tujuan Anda akan membantu Anda tetap termotivasi dan untuk memprioritaskan pada hal-hal pada hal-hal yang terpenting.

Sadarlah bahwa perubahan selalu terjadi

Sangat penting untuk diingat ketika menetapkan tujuan karir bahwa 'pekerjaan seumur hidup' tidak ada lagi. Menurut data sensus terbaru hanya 9% dari populasi yang bekerja dengan majikan yang sama selama 20+ tahun, dan 43,8% telah berubah majikan setidaknya sekali dalam 3 tahun terakhir.

Ketika membuat pilihan karir, Anda harus bertanya pada diri sendiri opsi mana yang akan meningkatkan peluang kerja Anda di masa depan dan berkontribusi dalam mendapatkan tujuan karir jangka panjang Anda.

Sumber: The University of Sydney

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...