Prof. Slamet PH (2000), pakar pendidikan dari Universitas Negeri Yogyakarta, mengemukakan bahwa sekolah yang efektif pada umumnya memiliki sejumlah karakteristik proses, yaitu:
Acuan pustaka: Slamet PH. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Proses pembelajaran memiliki efektifitas tinggi.
- Kepemimpinan sekolah yang tangguh.
- Lingkungan sekolah yang aman, tertib dan nyaman.
- Mengelola pendidiknya secara efektif.
- Budaya mutu benar-benar tertanam pada semua warga sekolah.
- Kelompok kerja antar fungsi sekolah kompak, cerdas, dan dinamis.
- Memiliki kewenangan (kemandirian), kemampuan dan kesanggupan kerja yang baik untuk menjadi sekolah mandiri.
- Partisipasi tinggi dari warga sekolah dan masyarakat.
- Keterbukaan (transparansi) menajemen dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan kegiatan, dan penggunaan keuangan.
- Memiliki kemauan untuk berubah (psikologis dan fisik).
- Melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan.
- Responsif dan antsipatif terhadap kebutuhan sekolah dan berbagai aspirasi.
- Komunikasi yang baik antara warga sekolah dan antara sekolah dan masyarakat.
- Akuntabilitas dalam bentuk tanggung jawab yang harus dilakukan sekolah dalam bentuk laporan prestasi yang telah dicapai.
Acuan pustaka: Slamet PH. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
0 Komentar