Karakteristik Sekolah Efektif

Prof. Slamet PH (2000), pakar pendidikan dari Universitas Negeri Yogyakarta, mengemukakan bahwa sekolah yang efektif pada umumnya memiliki sejumlah karakteristik proses, yaitu:
  • Proses pembelajaran memiliki efektifitas tinggi.
  • Kepemimpinan sekolah yang tangguh.
  • Lingkungan sekolah yang aman, tertib dan nyaman.
  • Mengelola pendidiknya secara efektif.
  • Budaya mutu benar-benar tertanam pada semua warga sekolah.
  • Kelompok kerja antar fungsi sekolah kompak, cerdas, dan dinamis.
  • Memiliki kewenangan (kemandirian), kemampuan dan kesanggupan kerja yang baik untuk menjadi sekolah mandiri.
  • Partisipasi tinggi dari warga sekolah dan masyarakat.
  • Keterbukaan (transparansi) menajemen dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan kegiatan, dan penggunaan keuangan.
  • Memiliki kemauan untuk berubah (psikologis dan fisik).
  • Melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan.
  • Responsif dan antsipatif terhadap kebutuhan sekolah dan berbagai aspirasi.
  • Komunikasi yang baik antara warga sekolah dan antara sekolah dan masyarakat.
  • Akuntabilitas dalam bentuk tanggung jawab yang harus dilakukan sekolah dalam bentuk laporan prestasi yang telah dicapai.
Baca juga hasil penelitian disertasi berjudul "Manajemen SMK yang Efektif".

Acuan pustaka: Slamet PH. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Posting Komentar

0 Komentar