03 Januari 2012

Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang Efektif

Satu lagi disertasi yang menurut saya akan sangat berguna dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia. Penelitian disertasi ini berjudul Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan yang Efektif yang ditulis oleh Dr. Tetty Setiawaty (2011). Disertasi ini menggali keberhasilan 2 SMK yang dianggap baik di Indonesia dan menjabarkan "rahasia" manajemen efektif yang dijalankan disana. Disertasi setebal hampir 10 cm ini penuh dengan informasi, data dan analisis yang pasti akan sangat berguna untuk dipakai oleh para pengambil kebijakan, praktisi dan akademisi pendidikan vokasi Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen SMK efektif yang dilakukan di SMK PIKA Semarang dan SMK Katolik Santo Mikael Surakarta, dua sekolah yang sudah sangat terkenal karena kualitasnya di Indonesia. Tujuan khusus penelitian ini adalah menjabarkan fungsi-fungsi manajemen efektif pada masing-masing urusan sekolah yang meliputi hal-hal sebagai berikut.
  • Manajemen organisasi
  • manajemen kurikulum
  • manajemen pembelajaran
  • manajemen pendidik
  • manajemen kesiswaan
  • manajemen sarana dan prasarana
  • manajemen keuangan dan pembiayaan
  • manajemen administrasi
  • manajemen regulasi
  • manajemen lingkungan dan budaya kerja
  • manajemen kerjasama dan kemitraan.
Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah bahwa kedua sekolah telah melakukan manajemen efektif pada semua urusan sekolah. Seluruh praktek manajemen yang dilakukan selalu berbasis pada prinsip perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengkoordinasian dan pengontrolan. Pelaksanaan manajemen efektif ini mampu menghasilkan lulusan berprestasi, siap kerja dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Sekolah yang efektif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sekolah yang memiliki efisiensi, organisasi, produktivitas dan kinerja tinggi serta mampu mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Produktivitas dan kinerja tinggi tersebut dapat dilihat dari keberhasilan sekolah yang mampu menghasilkan siswa berprestasi tinggi dan lulusan yang memiliki kompetensi pada bidangnya. Selain berprestasi dalam bidang akademik, siswa yang dihasilkan memiliki rasa percaya diri tinggi dan mampu mengembangkan diri kearah lebih baik.

Untuk mencapai sasaran tersebut, sekolah efektif melakukan pembelajaran berkualitas dan mengembangkan iklim yang mendukung proses pembelajaran, serta selalu melakukan pengembangan dan perubahan lingkungan pembelajarannya, yaitu lingkungan yang berpusat pada pembelajaran siswa dan mempunyai harapan tinggi pada prestasi belajar siswa. Keberhasilan sekolah efektif didukung oleh guru yang memiliki kompetensi tinggi dan staf yang mencurahkan tenaga dan pikirannya pada proses pembelajaran.

Efektifitas sekolah sangat bergantung pada kualitas dan kuantitas konteks, input, proses dan output. Semua itu akan menghasilkan kualitas lulusan yang baik sesuai tujuan pendidikan yang sudah digariskan. Korelasi yang baik antara komponen terebut akan memudahkan proses manajemen yang efektif di sekolah.

Beberapa saran dari disertasi ini adalah perlunya Kemdiknas membuat suatu kebijakan tentang model manajemen SMK yang efektif dan lebih jauh menerbitkan Buku Panduan Manajemen SMK yang efektif agar semua SMK di negeri ini dapat menjalankannya sesuai kondisi sekolah masing-masing.

Baca juga tulisan hasil kunjungan ke SMK PIKA Semarang disini.

Untuk mendapatkan akses ke disertasi di PPS UNY, silahkan lihat detail di website Perpustakaan UNY http://library.pps.uny.ac.id. Semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Makasih Infonya...
    pas buat sy lg nyiapin tesis mengenai manajemen seoklah...
    www.webpahe.blogspot.com

    BalasHapus
  2. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
    nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    BalasHapus
  3. wah butuh banget ne, tapi gak bisa di download. download dimana ya? butuh buat bahan skripsi.

    BalasHapus