PaduKerja – National AI-based Job Matching Platform (Conceptual Idea)

Salah satu dampak terbesar pandemi Covid-19, paling tidak hingga vaksin ditemukan, adalah tingkat pengangguran yang akan meledak karena anjloknya kegiatan perekonomian nasional. Tetapi, dengan sistem ekonomi bebas, dunia akan beradaptasi. Akan terjadi pergeseran dari sektor yang terdampak wabah ke sektor-sektor lain yang tidak terpengaruh. Ini akan mengakibatkan pergerakan masif tenaga kerja dunia termasuk Indonesia. Akan sangat banyak yang di-PHK namun banyak pula terjadi rekrutmen. Diperkirakan sistem ketenagakerjaan lama tidak akan mampu mengatasi perubahan mendadak dalam skala besar seperti itu. Diperlukan sistem baru yang canggih yang mampu bekerja masif secara independen dengan akuntabilitas tinggi, AI (artificial intelligence) adalah salah satu solusinya. 



PaduKerja adalah platform digital job matching berskala nasional. Sistem bekerja dengan engine AI untuk menangani data pencari kerja dan kebutuhan kerja dalam jumlah sangat besar. Aktivitas job matching adalah memadupadankan data pencari kerja dengan data lowongan kerja secara otomatis dan memberikan rekomendasi kepada kedua belah pihak. Sistem ini memerlukan software dan hardware resources skala besar dengan keterlibatan manusia yang minimal.

Desain sistem PaduKerja mensyaratkan setiap pencari kerja melakukan self assessment secara online untuk mendapatkan data selengkap mungkin tentang dirinya, data ini akan menjadi acuan bagi sistem untuk mencari lowongan kerja yang paling sesuai. Di sisi lain, pihak yang mencari pekerja juga harus mengisi self assessment mengenai job requirement dari lowongan kerja yang akan dimasukkan ke sistem. Semakin lengkap data yang tersedia, serta semakin banyak jumlah pengguna (user), maka engine AI PaduKerja akan dapat bekerja makin efektif dan efisien.

Konsep PaduKerja

Ringkasan Teknis

Platform berbasis web dan mobile berupa sistem “pasar kerja atau job market” yang menerapkan pola self assessment bagi para pengguna untuk mendapatkan data serta menggunakan AI engine untuk memproses data yang sangat besar tersebut. Sistem menggunakan on-demand cloud infrastructure yang sudah memiliki AI engine terpadu.

Pengguna dalam sistem ini adalah Pencari Kerja (dengan identitas NIK), Perusahaan/ Individu yang mencari pekerja (memakai NPWP untuk login). Kedua belah pihak pengguna akan menerima automatic recommendation dari sistem secara berkala.

Keunggulan dan Peluang

Sistem PaduKerja yang diterapkan komprehensif secara nasional akan menjadikan proses job fulfillment di dunia kerja menjadi sangat efisien. Pencari kerja tidak harus melakukan pencarian lowongan sendiri, AI akan mencarikan alternatif terbaik bagi mereka. Demikian pula bagi pihak yang mencari calon pekerja tidak perlu memasang iklan atau mencari sendiri ke berbagai sumber, calon akan datang sendiri dalam bentuk rekomendasi berbasis AI.

Integrasi dengan NIK (Nomor Induk Kepegawaian) akan memudahkan tracking para para pekerja, kemana saja mereka berpindah kerja, di jabatan apa, kebutuhan kompetensi apa saja yang diperlukan jabatan mereka, dst. Big data seperti itu akan sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi sistem nasional seperti PaduKerja.

PaduKerja dapat dipadukan dengan sistem pendidikan nasional. Para calon lulusan SMK dan Perguruan Tinggi dapat secara otomatis dimasukkan ke sistem PaduKerja dan segera mendapatkan auto recommendation untuk lowongan yang paling sesuai. Sistem dapat pula diarahkan untuk memberikan masukan pada calon lulusan untuk melengkapi kompetensi atau sertifikat yang dimilikinya untuk dapat memenuhi kualifikasi suatu lowongan.

Bahkan, dalam jangka panjang, sistem PaduKerja akan memicu terjadinya keseimbangan pasokan dari dunia pendidikan ke dunia kerja. AI akan dapat memberikan petunjuk jurusan apa saja yang over-supplied dan mana yang under-supplied. Tidak hanya jurusan tetapi juga data kompetensi yang paling dibutuhkan, wilayah mana yang memerlukan kompetensi tertentu, dst. Semua itu adalah data yang sangat berharga bagi pengambil keputusan di Kemdiknas, Kemenaker, Kemperindag serta pihak-pihak lain yang relevan.

PaduKerja secara desain sistem juga siap untuk melibatkan pihak dari luar Indonesia yang mencari pekerja. Dengan aturan yang jelas, hal ini akan dapat memberikan kesempatan makin luas bagi pencari kerja Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai sekaligus menyumbang devisa. Lebih jauh, AI akan dapat secara akurat memberikan rekomendasi hal-hal yang harus disiapkan Indonesia untuk dapat memenuhi kebutuhan kerja dari luar negeri.

Secara teknologi, sistem ini sudah mampu dibuat oleh tenaga ahli lokal. Pengembangan selanjutnya dapat diintegrasikan dengan berbagai program lain yang sesuai.


Posting Komentar

0 Komentar