20 November 2012

Model Pembelajaran Dick & Carey

Salah satu model desain pembelajaran (instructional design) yang paling banyak dipakai di dunia pendidikan adalah Systems Approach Model atau yang biasa dikenal sebagai Dick & Carey Model.  Klik gambar untuk memperbesar.

Dick & Carey Model
Komponen utama dari model tersebut adalah sbb:
  1. Mengidentifikasi sasaran pembelajaran, dimana sasaran mencakup ketrampilan, pengetahuan atau perilaku yang diharapkan akan dikuasai oleh pembelajar.
  2. Melaksanakan analisis pembelajaran, dimana harus diketahui apa yang harus dikuasai oleh pembelajar agar ybs dapat melaksanakan suatu tugas tertentu.
  3. Menganalisis pembelajar dan konteks, yaitu mengidentifikasi karakteristik umum dari peserta termasuk ketrampilan yang dikuasai sebelumya, pengalaman sebelumnya, demografi dasar; mengidentifikasi karakteristik yang berhubungan langsung dengan ketrampilan yang akan diajarkan; dan melakukan analisis prestasi dan pengaturan setting pembelajaran.
  4. Menuliskan sasaran kinerja, dimana sasaran meliputi deskripsi dari perilaku, kondisi dan kriteria, yaitu komponen dari sasaran yang akan dipakai untuk menilai prestasi sang pembelajar.
  5. Mengembangkan instrumen assessment, yakni tujuan dari tes perilaku awal, tujuan pretest dan post test, mengidentifikasi kemampuan awal pembelajar sebelum menerima pembelajaran, penyediaan dokumentasi dari kemajuan belajar, dll.
  6. Mengembangkan strategi pembelajaran, seperti aktivitas pra pembelajaran, materi presentasi, partisipasi pembelajar, assessment, dll.
  7. Mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, termasuk pemilihan media untuk menyampaikan materi, kebutuhan pengembangan materi baru, peran guru dalam penyampaian materi, dll.
  8. Mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif terhadap pembelajaran, dimana desainer pembelajaran berusaha mengidentifikasi hal-hal berkenaan materi pembelajaran yang memerlukan perbaikan. 
  9. 9) Merevisi pembelajaran, yaitu mengidentifikasi item-item tes yang tidak baik dan mengidentifikasi pembelajaran yang menyebabkannya. 
  10. Mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif, yakni untuk mengukur keefektifan pembelajaran secara keseluruhan.
Daftar pustaka:
Wikipedia. Instructional Design. http://en.wikipedia.org/wiki/Instructional_design 
University of Michigan.  Dick and Carey Model. http://www.umich.edu/~ed626/Dick_Carey/dc.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...