10 Oktober 2012

7 Prinsip Pendidikan Vokasional dari Barlow

Melvin L. Barlow dalam artikelnya Foundation of Vocational Education dalam American Vocational Journal (1967), menyampaikan pokok-pokok pikiran tentang pendidikan vokasi atau kejuruan (vocational education). Ada 7 poin penting yang dikemukakan, yaitu:
  1. Vocational education is a national concern. Pendidikan vokasi adalah hal penting yang merupakan concern atau kepedulian tingkat nasional.
  2. Vocational education provides the common defense and promotes the general welfare. Pendidikan vokasi yang efektif akan bermanfaat bagi pertahanan negera (seperti dukungan pada saat kondisi perang), serta mendukung peningkatan kesejahteraan ekonomi warga negara dan keluarganya.
  3. Vocational preparation of youth and adults is a public school responsibility. Sekolah publik memainkan peranan penting dalam menyiapkan generasi muda dan juga warga dewasa untuk mempersiapkan pekerjaan mereka.
  4. Vocational education requires a sound basic education. Pendidikan vokasi memerlukan adanya fondasi dasar yang baik dan kuat dari jenjang sekolah sebelumnya agar dapat sukses. Hal ini disebabkan makin tingginya teknologi yang diapakai di berbagai bidang pekerjaan.
  5. Vocational Education is planned and conducted in close cooperation with business and industry. Hal ini adalah fondasi penting keberhasilan pendidikan vokasi, umumnya melalui komite penasihat (advisory committee) yang terdiri dari kalangan bisnis dan industri. 
  6. Vocational education provide the skills and knowledge valuable in the labor market. Materi pembelajaran ditentukan berdasar analisis kebutuhan pasar kerja, dibutuhkan juga studi penempatan dan tindak lanjut terhadap para lulusan agar diketahui bagaimana hasil program diterima, dimanfaatkan  dan dimodifikasi di pasar kerja.
  7. Vocational education provides continuing education for youth and adults. Pendidikan vokasi tidak hanya ada di sekolah, tetapi juga harus ada di industri dan berbagai program vokasi untuk orang dewasa, hal ini berkontribusi nyata meningkatkan tingkat intelegensia (industrial intelligence) tenaga kerja. Permasalahan dalam pelatihan ulang (retraining) dan pembelajaran sepanjang hayat adalah elemen penting yang membentuk pendidikan vokasi yang kuat.
Referensi:
Melvin L. Barlow, "Foundation of Vocational Education" in American Vocational Journal, Vol. 42, No. 3, March 1967, pp. 17-19.

Lihat juga 16 Dalil Pendidikan Vokasi dari Prosser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...