28 Juni 2012

Desain Sistem Informasi Monitoring Prakerin SMK (Download PDF)

Desain ini diberi nama Sistem Informasi Monitoring Prakerin (Praktek Kerja Industri) SMK. Sistem informasi ini ditujukan untuk membantu proses pengelolaan dan monitoring program Prakerin di SMK yang berlangsung di banyak tempat pada saat bersamaan dan dalam waktu lama (1-6 bulan, bahkan 1 tahun). Proses Prakerin berlangsung di luar sekolah sehingga memerlukan sistem informasi yang bersifat online dan bisa diakses dari manapun dan kapanpun.

Sasaran akhir dari sistem informasi ini adalah adanya laporan kemajuan pelaksanaan Prakerin yang bisa diakses secara online dan real time oleh pengelola dan manajemen. Hal ini sangat diperlukan untuk menjamin proses Prakerin berlangsung sesuai target dan membantu pengambilan keputusan yang cepat dan tepat jika terjadi penyimpangan atau masalah dalam proses.


Desain ini baru pada tahap awal (hingga DFD Level 2), bagi yang ingin menggunakannya lebih jauh bisa langsung menghubungi developer atau programmer komputer untuk membangun suatu sistem sesuai kebutuhan masing-masing.

Adapun kebutuhan para pengguna adalah:
  1. Pengelola, adanya sistem informasi untuk mengelola dan memantau proses Prakerin serta kemajuan pelaksanaannya.
  2. Pembimbing, adanya alat bantu untuk memberi laporan monitoring Prakerin secara sistematis dan kontinyu.
  3. Siswa, adanya alat bantu untuk memberi laporan pelaksanaan Prakerin secara sistematis dan kontinyu.
  4. Manajemen, adanya sistem informasi untuk memantau proses Prakerin serta kemajuan pelaksanaannya.
Deskripsi proses secara umum adalah:
  1. Pengelola menentukan siswa, penempatan, dan pembimbing.
  2. Pengelola login ke sistem dengan memasukkan Username, Password dan Security Code dan melakukan input data siswa, penempatan, dan pembimbing kedalam sistem.
  3. Siswa login ke sistem dengan memasukkan Username, Password dan Security Code dan melakukan input data kegiatan Prakerin secara perorangan per bulan kedalam sistem (bulan pertama hingga bulan terakhir). 
  4. Pembimbing login ke sistem dengan memasukkan Username, Password dan Security Code dan melakukan input data monitoring Prakerin sebanyak 3 kali yaitu (1) pengantaran siswa ke lokasi, (2) monitoring kegiatan Prakerin tengah kegiatan, (3) penjemputan siswa ke lokasi.
  5. Manajemen login ke sistem dengan memasukkan Username, Password dan Security Code dan memantau kemajuan Prakerin secara real time sesuai kebutuhan melalui sistem. 
  6. Pengelola memantau kemajuan kegiatan Prakerin secara real time dan mengambil tindakan perbaikan jika diperlukan melalui sistem.

4 komentar:

  1. apakah sistem ini sudah pernah diterapkan atau di uji coba ? terima kasih..

    BalasHapus
  2. proses sudah diterapkan, namun secara manual. sistem informasi online belum pernah dibuat, trm ksh :-)

    BalasHapus
  3. menggunakan aplikasi apa ?

    BalasHapus
  4. kirim ke email saya bos anasetayawan@gmail.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...