20 November 2012

Ketrampilan Kerja yang Wajib Dimiliki di 2013

Baru saja The Wall Street Journal menerbitkan suatu tulisan menarik berjudul "Must-Have Job Skills in 2013" atau Ketrampilan Kerja yang Wajib Dimiliki di 2013. Judul yang cukup menggoda siapapun untuk membacanya. Walau isinya masih bersifat generik dan seakan hanya pengulangan dari banyak artikel pengembangan karir selama ini, namun apa yang disampaikan sangatlah penting untuk dicermati. Terutama bagi para pekerja atau calon pekerja yang ingin mengembangkan karir di masa depan.

Berikut saya kutip pokok-pokok pikirannya serta sedikit ulasan atas tulisan tersebut.
  1. Clear communication, atau komunikasi yang jelas. Intinya adalah kemampuan untuk menyampaikan pendapat kita secara jelas, dan menciptakan suatu koneksi/hubungan yang baik melalui komunikasi. Ini adalah ketrampilan teramat penting yang tidak pernah lekang dimakan zaman.
  2. Personal branding. Saat ini perekrutan karyawan banyak dilakukan melalui pencarian informasi di Internet, maka jagalah dengan baik informasi tentang diri anda di Facebok, Twitter, blog, situs berita, LinkedIn, dll karena dari situlah para perekrut akan melihat dan mengetahui tentang anda pada tahap awal.
  3. Flexibility, atau keluwesan. Karena para pelanggan terus berubah kebutuhannya, maka perusahaan/instansi akan terpaksa terus menerus beradaptasi sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggannya. Pekerja yang sangat dibutuhkan adalah pekerja yang dapat dengan mudah mengubah dirinya, beradaptasi, sesuai dengan perkembangan yang terjadi.
  4. Productivity improvement, atau peningkatan produktivitas. Kata kuncinya adalah selalu tingkatkan kinerja dan prestasi kerja kita, yang malas dan tidak proaktif akan tertinggal di belakang. Jangan pasif hanya mengerjakan apa yang diminta oleh atasan, jadilah pekerja proaktif yang selalu kreatif mencari jalan memajukan organisasinya.
Demikianlah 4 ketrampilan kerja yang harus kita miliki agar dapat bersaing dan sukses dalam karir kita di tahun 2013 versi The Wall Street Journal. Semoga bermanfaat.

Sumber: WSJ.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...