Analisis Cost Effectiveness (Download Contoh dalam PDF)

Analisis cost effectiveness (analisis efektivitas biaya) pada prinsipnya adalah membandingkan output yang dihasilkan dari berbagai kombinasi input, sehingga bisa diperkirakan kombinasi biaya terendah yang menghasilkan output yang diharapkan. Atau bisa pula mengidentifikasi output yang terbaik dari suatu biaya yang besarannya sudah ditentukan. Kesemuanya mengacu pada prinsip efektivitas.


Analisis cost effectiveness adalah suatu bentuk analisis ekonomi yang membandingkan biaya dengan hasil (efek) dari dua atau lebih tindakan. Analisis cost effectiveness berbeda dari analisis cost-benefit (biaya-manfaat) yang memberikan nilai moneter untuk ukuran dari efek. Analisis cost effectiveness sering digunakan dalam bidang pelayanan kesehatan dan pendidikan, dimana tidak memungkinkan untuk menggunakan nilai uang untuk mengukur efek kesehatan dan pendidikan.

Dalam dunia pendidikan, analisis efektivitas biaya adalah alat evaluasi yang dirancang untuk membantu dalam memilih di antara suatu tindakan atau kebijakan alternatif ketika sumber daya terbatas. Sebagian besar keputusan pendidikan menghadapi kendala dalam terbatasnya ketersediaan anggaran dan sumber daya lainnya. Bahkan jika satu alternatif 10 persen lebih efektif daripada yang lain, pilihan tersebut tidak dapat dipakai jika ternyata biayanya dua kali lebih mahal. Dengan demikian, komponen biaya dan efektivitas harus diketahui nilainya agar dapat membuat pilihan kebijakan publik yang baik.

Contoh dalam kesehatan adalah untuk membantu pengambilan keputusan tentang perawatan medis mana yang terbaik untuk ditawarkan. Analisis ini adalah metode membandingkan biaya dan efektivitas dua atau lebih dari alternatif perawatan. Perbandingan ini jadi berguna ketika salah satu alternatif yang dipertimbangkan adalah perawatan standar, karena analisis ini memungkinkan pengambil keputusan untuk mempertimbangkan apakah suatu inovasi lebih baik daripada keadaan status quo.

Berikut sebuah contoh sederhana perhitungan dan analisis cost effectiveness untuk memberikan gambaran mengenai logika dan alur pikir metode analisis ini.

Download file (PDF) di Google Docs.

Posting Komentar

0 Komentar