29 Mei 2012

Pendidikan Menengah Kejuruan di Denmark

Pendidikan menengah kejuruan di Denmark (Bahasa Denmark: erhvervsuddannelse) dilaksanakan pada sekolah kejuruan khusus yang didanai negara (erhvervsskoler), yang sebagian besar adalah sekolah teknik (tekniske skoler) atau sekolah tinggi bisnis atau business college (handelsskoler). Metode pembelajaran dilaksanakan melalui kombinasi pengajaran di sekolah-sekolah kejuruan dan kegiatan magang yang terutama dilakukan di perusahaan swasta, siswa dilatih untuk bekerja sebagai pedagang, pegawai, petani dll. Pendidikan kejuruan (vokasional) membutuhkan waktu 2-5 tahun dan dapat dimulai setelah lulus dari sekolah umum dasar yang bersifat wajib (folkeskole) pada usia 15-16 tahun.

Berlawanan dengan pendidikan sekunder berorientasi akademik seperti Gymnasium, pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk langsung masuk ke dunia kerja dan tidak diarahkan ke pendidikan tinggi, meskipun ada kemungkinan dengan persyaratan tertentu, untuk bisa melanjutkan ke universitas misalnya pada jurusan teknik setelah menyelesaikan pendidikan kejuruan.

Siswa dilatih untuk bekerja dalam profesi tertentu (misalnya sebagai teknisi listrik atau koki), secara keseluruhan program pendidikan kejuruan dibagi dalam delapan kelompok utama sbb:

  1. Bangunan
  2. Kerajinan dan teknik 
  3. Hotel, memasak, makanan, pertanian
  4. Mekanika, transportasi dan logistik 
  5. Bidang komersial (perdagangan, perkantoran, keuangan) 
  6. Jasa
  7. Teknologi dan komunikasi 
  8. Kejuruan dasar

Mata pelajaran tertentu dipergunakan secara bersama antara seluruh program pendidikan. Selain itu, juga memungkinkan untuk mengikuti pendidikan menengah kejuruan yang bertujuan untuk bekerja di lembaga sosial dan kesehatan seperti rumah jompo (Sosial-og Sundhedsuddannelse atau SoSu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...